Penyebab Utama Masalah Jerawat

Masalah jerawat memang menjadi problem yang menakutkan bagi para wanita. Namun, tidak sedikit pria yang juga merasa risih bila mempunyai masalah jerawat. Anda tentu sering mendengar dan membaca artikel tentang jerawat tetapi masih belum paham apa sebenarnya penyebab timbulnya jerawat yang seringkali terjadi pada anak-anak yang masih puber. Ini bukan saja tentang makanan dan kebiasaan buruk, tetapi masih adalah lagi pemicunya yang lain. Lantas, apa sebenarnya penyebab utama masalah jerawat?


Mengenal Pemicu Masalah Jerawat

Masalah jerawat sangat umum terjadi pada kulit, baik terjadi di permukaan wajah atau bagian tubuh lain seperti punggung dan leher. Sebenarnya, penyebab umum dari gejala ini adalah meningkatnya kadar minyak yang dihasilkan oleh kelenjar minyak. Kelebihan produksi minyak akan meningkatkan banyaknya bakteri yang muncul sehingga menyebabkan jaringan di area tersebut meradang dan menimbulkan luka. Masalah jerawat ini sering terjadi pada usia 10 sampai 40 tahun.


Kelenjar Minyak Sebagai Penyebab Masalah Jerawat

Penyebab masalah jerawat yang paling utama ada dua macam yaitu kelenjar minyak dan kadar hormon. Biasanya, masalah jerawat dimulai pada saat seseorang menginjak remaja yaitu pada usia 12 – 14 tahun. Hal ini terjadi saat kadar hormon androgen pada pria tinggi sehingga ini dapat memicu kelenjar minyak sebagai penghasil sebum. Yang perlu dipahami adalah bahwa gejala ini tidak melulu terjadi pada pria, namun wanita juga mengalaminya karena ini adalah masalah hormon.

Masalah jerawat yang disebabkan oleh kelenjar minyak ini memang umum walaupun kelenjar minyak adalah kelenjar kecil yang dekat dengan permukaan kulit. Kelenjar ini terikat dengan kantung rambut yang merupakan lubang kecil dan mikrospkopik pada kulit sebagai tempat tumbuhnya rambut. Manfaat dari kelenjar minyak adalah sebagai pelumas dari rambut dan kulit untuk menghentikan terjadinya dehidrasi pada kulit.

Kelenjer ini akan menghasilkan senyawa berminyak yang disebut dengan sebum. Dan masalah jerawat yang sering timbul lebih sering disebabkan karena kelenjar minyak ini terlalu banyak menghasilkan sebum. Kelebihan dari sebum yang dikombinasikan dengan sel kulit mati akan menyumbat kantung rambut.


Kadar Hormon Sebagai Penyebab Masalah Jerawat

Masalah jerawat yang dipicu oleh kadar hormon ini terjadi karena meningkatnya kadar testoteron yang terjadi selama masa remaja. Hormon testoteron mempunyai peranan yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan alat vital pria, memelihara otot dan juga kekuatan tulang pada wanita. Kelenjar minyak sangat sensitif terhadap hormon, jadi dengan meningkatnya kadar testoteron, ini akan meningkatkan jumlah sebum yang dapat menyebabkan masalah jerawat.


Sumber : Helium.com

No comments:

Post a Comment

 
Blogger Templates