Bagaimana Cara Menurunkan Kadar Hormon Estrogen?

Ada beberapa cara alami dan mudah yang dapat dilakukan untuk menurunkan kadar hormon estrogen dalam tubuh. Estrogen sangat penting dan dibutuhkan baik untuk pria dan wanita. Tetapi, pada wanita kadar estrogen yang terlalu tinggi dapat menyebabkan masalah berat badan.
Tingginya kadar estrogen dicurigari sebagai penyebab penyakit kanker payudara. Estrogen juga berkontribusi pada kenaikan berat badan. Bila tingkat estrogen ini terlalu tinggi maka ini dapat menyebabkan kegemukan, peyakit jantung, dan diabetes.
Kadar estrogen dapat diukur dengan menggunakan tes urin yang dapat dilakukan bila kamu ke dokter. Sebagian besar perawatan untuk menurunkan kadar estrogen akan membuat kamu lebih sehat. Kegemukan dan jumlah lemak dalam tubuh menunjukan pengaruh secara langsung terhadap jumlah estrogen dalam tubuh.
Salah satu cara terbaik untuk menurunkan kadar estrogen adalah dengan cara menurunkan berat badan, khususnya kandungan lemak. Untungnya, sebagian besar cara untuk menurunkan kadar estrogen juga sangat baik untuk menurunkan berat badan. Lantas, apa sajakah yang dapat kita lakukan dan konsumsi untuk menurunkan kadar estrogen dalam tubuh?
  • Buah-buahan dan sayuran adalah bahan terbaik untuk mempertahankan kadar hormon yang normal dalam tubuh. Nutrisi dan vitamin yang terkandung dalam buah dan sayur sangat dibutuhkan untuk keseimbangan hormon sehingga bila terjadi kekurangan salah salah vitamin saja dapat menyebabkan neiknya kadar estrogen. Adalah penting untuk dicatat bahwa sayur dan buah organik khususnya sangat digemari oleh orang berkadar estrogen tinggi karena bahan yang tercemar pestisida pada umumnya dapat mempengaruhi produktifitas hormon dalam tubuh. Diet tinggi untuk sayur dan buah juga akan menurunkan berat badan.
  • Biji-bijian dan serat seharusnya juga dikonsumsi oleh mereka yang mempunyai kadar estrogen tinggi. Terutama serat terlarut yang dapat mencerna estrogen dan menjadikannya tidak berbahaya bila melewati sistem pernapasan dan menurunkan jumlahnya sehingga dapat diserap oleh perut. Serat terlarut merupakan bahan yang penting untuk mengurangi berat badan sehingga dapat melawan kadar estrogen yang tinggi.
  • Asupan gula juga harus dikurangi. Kadar gula darah yang tinggi dapat meningkatkan jumlah hormon yang diproduksi oleh tubuh, khususnya estrogen. Dengan mengganti pemanis buatan dapat menurunkan kadar hormon dalam tubuh sehingga dapat mengurangi berat badan.
  • Menurunkan konsumsi alkohol.  Seperti halnya gula, alkohol juga secara langsung dapat menaikkan jumlah produksi hormon oleh tubuh. Menghilangkan kebiasaan mengkonsumsi alkohol juga dapat menurunkan kadar estrogen yang tinggi dan ini sangat penting untuk pengaturan berat badan.
  • Olahraga. Sejumlah penelitian menjelaskan bahwa olahraga dapat dilakukan untuk menurunkan kadar estrogen darah pada orang dewasa. Selain itu, olahraga juga sangat baik untuk menurunkan berat badan dan membuat hidup menjadi lebih sehat.

2 comments:

 
Blogger Templates