Bedda Lotong - Lulur Hitam Dari Bugis Untuk Menghaluskan Kulit


Wanita memang identik dengan perawatan kecantikan. Bila pergi ke salon, ada banyak pilihan yang bisa kamu diambil. Apakah ingin melakukan perawatan kulit, rambut, kaki atau anggota badan lainnya. Sekarang ini, ada sebuah perawatan kecantikan lokal yaitu dari suku Bugis bernama Bedda Lotong yang bisa kamu nikmati di salon. Bedda lotong atau lulur hitam adalah salah satu perawatan tubuh tradisional khas dari Makasar Sulawesi yang hampir punah.
Pada mulanya, perawatan lulur hitam dilakukan oleh wanita dari golongan bangsawan. Namun, dengan adanya perkembangan modern yang maju dan praktis, perawatan lulur hitam bedda lotong makin ditinggalkan. Nah, untuk mempertahankan warisan leluhur, beberapa orang mulai melirik bisnis perawatan kecantikan lulur hitam. Hal ini juga dimaksudkan untuk mensosialisasikan pada khalayak luas bahwa ada jenis perawatan tradisional lain yang dapat dijadikan pilihan untuk mempercantik kulit tubuh.
Bila kamu ingin merasakannya, kamu dapat pergi ke salon yang menyediakan lulur hitam bedda lotong karena ini sangat mudah dan praktis. Namun, bagaimana bila kamu ingin mencobanya dirumah? Cara membuatnya tidak sulit kok. Kamu hanya memerlukan bahan-bahan yang mudah didapat di sekitar rumah, yaitu beras hitam sebagai bahan utama, kunyit, dan asam Jawa. Lantas bagaimana membuatnya?
  • Beras hitam disangrai sampai mengembang. Kemudian diamkan selama beberapa saat.
  • Campur beras hitam itu dengan parutan kunyit, asam jawa dan air.
  • Aduk campuran adonan lulur hitam dan diamkan selama 1 malam agar beras hitam menjadi lebih lembut.
  • Selanjutnya, lulur hitam atau bedda lotong siap untuk dipakai.
 Sebagai warisan nenek moyang, lulur hitam ini masih banyak dipakai oleh calon pengantin yang akan menikah dan penggemarnya pun masih banyak. Ada banyak khasiat yang dapat diambil dengan melakukan perawatan lulur hitam, yaitu untuk menghaluskan kulit, melembabkan kulit dan juga membuat kulit menjadi lebih segar.
Karena mengandung banyak vitamin C dan vitamin E, lulur hitam pun sangat baik sebagai anti oksidan dan penangkal radikal bebas. Satu hal lagi, lulur hitam ini tidak saja dapat dipakai untuk lulur untuk badan, namun dapat juga digunakan untuk masker wajah. Dan hasilnya, kulit wajah pun akan tampak terlihat lebih cerah dan berseri.

No comments:

Post a Comment

 
Blogger Templates