Invisalign : Teknik Merapikan Gigi Tanpa Rasa Sakit


Apakah kamu punya masalah dengan gigi? Masalah gigi yang umum adalah gigi renggang, gigi depan dan belakang tidak match, dan lain sebagainya. Beberapa orang membiarkan saja masalah gigi ini. Namun, bila profesi kamu harus berhubungan dengan orang banyak, bermasalah dengan gigi tentu dapat mengurangi rasa percaya diri bukan?
Nah, kini ada teknologi baru dalam dunia ‘pergigian’, yaitu behel transparan yang biasa disebut dengan invisalign. Sebenarnya, invisalign merupakan gabungan dari dua kata yaitu invisible and align yang berarti ‘tidak terlihat dan meluruskan’.
Hal ini benar adanya karena orang lain tidak akan menyangka bila kamu sedang menggunakan invisalign. Alasannya adalah karena invisalign sendiri terbuat secara transparan sehingga hampir tidak terlihat seperti halnya behel.
Sebenarnya, apa itu invisalign? Dalam dunia ‘gigi’ invisalign diterapkan pada pasien yang berniat untuk meratakan gigi tanpa kawat. Invisalign ini sendiri dapat dipasang dan dilepas sewaktu-waktu sesuai dengan kebutuhan para pemakainya.
Cara ini makin banyak dilirik karena beberapa orang memang merasa tidak percaya diri bila harus menggunakan behel kawat yang napak jelas pada gigi. Selain itu, terkadang bila behel bergeser, ini dapat menimbulkan luka dan sariawan. Karena itulah teknik perataan gigi dengan invisalign banyak dipilih walaupun harganya masih cukup mahal.
Banyak orang yang memilih menggunakan invisalign karena mereka lebih merasa nyaman saat menggunakannya. Dengan ukurannya yang ringan dan mudah dibentuk, ini dapat membuat penggunanya merasa seperti tidak menggunakan alat perata gigi.
Lantas apa yang harus dilakukan bila kamu ingin menggunakan invisalign? Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah dengan berkonsultasi dengan dokter untuk mencari tahu masalah gigi kamu. Selanjutnya dengan perlakukan kedokteran gigi, gigi kamu akan dicetak. Model perataan gigi invisalign hanya cocok untuk satu orang saja karena hasil cetakan ini dibuat berdasarkan bentuk dan struktur gigi dari pemesannya.
Selain itu, cetakan ini pun dibuat secara tiga dimensi sehingga sangat akurat untuk dipakai bagi pemakai invisalign. Dengan desain yang terkontrol, sangat kecil penyimpangan desain dari invisalign. Berdasarkan pengalaman para pengguna invisalign, perata gigi ini sangat nyaman dipakai karena tidak ada permukaannya dan gigi pun dapat bergeser secara perlahan-lahan.
Dengan adanya kelebihan dari warnanya yang transparan inilah beberapa orang yang bermasalah dengan gigi renggang mencoba teknik invisalign karena ini merupakan behel transparan. Penggunanya pun seperti tidak memakai behel saat ia memakai invisalign.
Lantas, bagaimana cara perawatan invisalign? Karena invisalign dapat dipasang dan dilepas sewaktu-waktu, kamu pun dapat merawatnya dengan mudah. Caranya, sikatlah dengan sikat gigi yang lembut dan cuci dengan air hangat. Kabar baiknya adalah invisalign dapat dipakai untuk orang dewasa dan anak-anak. Nah, dengan gigi yang rapi, kamu makin percaya diri untuk tersenyum, kan?

4 comments:

  1. terima kasih telah berbagi teknik merapikan gigi tanpa rasa sakit ini. sangat bermanfaat sekali.

    ReplyDelete
  2. dokter gigi mana atau klinik mana yang sudah menyediakan pelayanan gigi dengan invisalign?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas bisa cek di link ini http://invisalign.co.id/find-a-doctor/
      mas bisa cari dokter yang dekat dari daerah mas. :) sementara ini dokternya cuman ada di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Medan, Surabaya dan Solo. :).

      Delete
  3. Di jogja lokasinya di mana mas ? trus biayanya brapa ?

    ReplyDelete