Aneka Olahan Makanan Dan Minuman Berbahan Dasar Bunga


Melihat bunga yang bertaburan di taman atau depan rumah sudah biasa, kan? Rasanya damai sekali melihat aneka warna dan ragam bunga. Namun, apakah kamu tahu kalau bunga yang beraneka warna itu dapat disulap menjadi berbagai macam hasil pangan?
Mungkin kamu terkejut, tetapi di berbagai tempat di dunia, mereka menggunakan beberapa jenis bunga tertentu untuk dijadikan panganan yang rasanya pun tidak kalah nikmatnya. Nah, bunga apa sajakah yang dapat dinikmati sebagai makanan dan minuman?

·         Bunga Bangkai
Bunga bangkai dikenal dengan baunya yang sangat menyengat dan busuk. Namun siapa yang menyangka kalau bunga bangkai dapat dijadikan sebagai makanan yang bisa dinikmati. Dengan teknik pengolahan tertentu, bunga bangkai dapat dibuat menjadi suweg. Nah, siapa yang mau mencobanya?

·         Bunga Krisan
Di beberapa negara, bunga krisan sudah sering dibuat untuk minuman dan makanan. Tidak hanya warnanya yang indah, namun rasa dari bunga krisan pun sangat nikmat. Selain dicampur sebagai tambahan sayuran, bunga krisan juga dapat diolah menjadi teh. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi bunga krisan sangat baik untuk pencernaan dan kesehatan usus.

·         Bunga Lavender
Bunga lavender selain dikenal baik sebagai pengusir nyamuk tetapi ternyata bisa dibuat untuk permen. Ya, karena wanginya, lavender pun digunakan untuk pewangi dan menghilang bau anyir pada ikan serta daging dengan syarat penanamannya tidak menggunakan pestisida.
Di Australia, bunga lavender pun dapat diolah menjadi es krim dengan berbagai macam varian rasa seperti vanilla dan coklat. Karena mempunyai khasiat yang baik untuk kesehatan seperti untuk peredam sakit kepala, bunga lavender pun menjadi primadona karena wanginya.

·         Bunga Mawar
Bunga mawar tidak hanya sebagai lambang cinta pasangan yang sedang kasmaran. Namun, bunga mawar pun dapat digunakan untuk dikonsumsi oleh penggemar kuliner. Hal ini disebabkan karena bunga mawar dapat dibuat untuk saos salad, penambah rasa, sirup, kue kering, dan kue keju mawar.
Sedangkan kelopak dari bunga mawar dapat digunakan untuk jeli cuka. Bila dikonsumsi pun, bunga mawar banyak mempunyai khasiat, yaitu sebagai anti radang, pelancar datang bulan untuk wanita, dan untuk mengobati batu empedu.

Nah, sekarang kamu jadi tahu kalau bunga-bunga yang bisa dinikmati oleh mata, juga dapat dinikmati menjadi makanan dan minuman, kan?

1 comment:

 
Blogger Templates