Gejala Penyakit Kanker Prostat


Kanker prostat adalah jenis kanker yang sering ditemui di Amerika Serikat dan Inggris. Selain itu ada juga kanker paru-paru sebagai penyebab kedua dari semua jenis penyakit kanker. Penyebab pasti dari kanker prostat masih belum diketahui. Namun, ada beberapa faktor yang dipercaya menjadi penyebab resiko kanker prostat.
Di Amerika Serikat dan Inggris, sebagian besat kasus kanker prostat terdiagnosa setelah usia 50 tahun dan sebagian besar dari mereka adalah keturunan Afrika. Dengan tipe kanker lainnya, mungkin ada faktor genetik yang terlibat karena secara keseluruhan resiko berkembangnya kanker prostat kira-kira dua kali lipat ketika ada satu generasi sebelumya yang terdiagnosa penyakit ini.
Sekarang ini, tidak ada bukti yang menghubungkan antara kanker prostat dengan faktor resiko potensial lain seperti diet, kegemukan, atau sejarah prostatitis (pembengkakan atau infeksi prostat). Tidak ada gejala kanker prostat yang khusus terjadi pada penyakit ini meskipun ada gejala yang mungkin ada dari beberapa tipe penyakit prostat, yaitu :
  • Ingin untuk kencing secara terus-menerus, bahkan di malam hari.
  • Adanya rasa nyeri yang samar-samar atau mungkin ada sensasi tekanan atau kelebihan pada pinggul bagian bawah atau daerah dubur.
  • Adanya darah dalam urin atau diikuti ejakulasi.
Kurangnya gejala yang khusus ini akan memungkinan deteksi dini dari kanker prostat. Namun, akan jauh lebih baik bila orang yang telah berumur 50 tahun memeriksakan diri ke dokter sehingga tahu keadaan kesehatannya. Secara umum, meskipun kanker prostat menjadi salah satu penyumbang kematian, namun sangat sulit untuk mendeteksinya. Jadi, yang paling penting untuk dilakukan adalah perawatan kesehatan secara rutin untuk mendiagnosa penyakit kanker prostat agar tidak terjadi hal-hal yang semakin buruk.
Selain itu, mulailah untuk menerapkan pola hidup sehat, yaitu dengan melakukan olah raga secara teratur serta mengkonsumsi makanan yang sehat dan seimbang agar nutrisi yang diperlukan oleh tubuh dapat terpenuhi. Dengan meninggalkan kebiasaan buruk serta mau memeriksakan diri ke dokter, maka anda pun dapat mendeteksi kanker prostat sejak dini.

No comments:

Post a Comment

 
Blogger Templates