Yoga – Meningkatkan Kreatifitas Anak Dengan Yoga


Biasanya, yoga diperuntukan untuk orang dewasa karena gerakannya yang rumit. Selain itu, gerakan yoga juga sangat bervariasi sehingga agak sulit untuk diikuti. Hal ini disebabkan yoga memerlukan konsentrasi yang tinggi agar semua peserta dapat melakukan gerakan dengan tenang dan nyaman.
Namun kini, ada yoga yang dapat dilakukan oleh anak-anak. Yoga yang biasanya untuk orang dewasa sekarang dapat didesain untuk anak-anak sehingga dapat memberi dampak yang positif. Seperti yang kita ketahui, anak-anak mempunyai daya imajinasi yang sangat kuat dalam melakukan apapun. Dengan melakukan yoga, anak-anak masih dapat melakukan gerakan sederhana sambil bermain sehingga suasana menjadi lebih rileks dan menyenangkan.
Yoga untuk anak dilakukan sambil memberi kebebasan berimajinasi. Hal ini juga dapat melatih daya kreatifitas untuk menghasilkan banyak ide dan menantang keberanian anak dalam bereksperimen. Dengan daya imajinasi yang kuat dan hebat, orang dewasa hendaknya tidak menghentikannya sehingga saat tumbuh besar, anak-anak dapat menjadi seorang yang kreatif dan inovatif.
Hal yang ditonjolkan dalam melakukan yoga untuk anak adalah melatih kelenturan atau fleksibilitas tubuh anak agar dapat bergerak bebas sesuai dengan imajinasinya. Oleh karena itu, anak-anak pun menjadi senang karena ia dapat membayangkan gerakan yang dicontohkan oleh instruktur yoga.
Waktu yang diperlukan untuk melakukan yoga bagi anak tidaklah lama karena hanya berlangsung sekitar 45 menit. Disana, anak-anak dilatih untuk bermeditasi namun dengan porsi bermain lebih banyak agar anak-anak dapat menikmatinya. Dengan melakukan yoga, pikiran pun dapat menjadi tenang dan anak-anak pun dilatih daya imajinasinya sehingga kelak menjadi anak yang kreatif dan inovatif.

No comments:

Post a Comment

 
Blogger Templates