Diabetes - Diet Sehat Untuk Penderita Diabetes

Bila anda mempunyai masalah diabetes, hal pertama yang perlu anda lakukan adalah memperhatikan diet makanan yang akan dikonsumsi. Sepanjang hidup, anda harus menjalankan diet diabetes untuk mengatur berat badan dan mengontrol kadar gula dalam darah.
Terlalu banyak kalori dan terlalu banyak lemak menyebabkan naiknya kadar gula darah dan ini dapat menjadi masalah hiperglikemia dalam diabetes. Bila ini tidak dapat dikontrol, masalah dengan syaraf dan organ lainnya dapat terjadi. Diet diabetes adalah diet dengan rendah kalori, gula, lemak, tetapi kaya akan nutrisi yang menekankan pada konsumsi buah-buahan dan sayur mayur.

Belajarlah Akan Nutrisi
Diet diabetes tidak hanya melulu tentang mengontrol lemak, gula dan kalori. Tetapi, anda perlu tahu bagaimana perbedaan kelompok makanan yang dapat mempengaruhi kondisi anda. Disaat pakar diet dapat membantu anda untuk merumuskan diet yang sehat, dan bila anda tahu tentang nutrisi, maka anda pun dapat secara aktif memantau kondisi diatebes anda.
Diabetes adalah kondisi yang harus dialami seumur hidup. Jadi, makan makanan yang sehat harus menjadi kebiasaan bila anda ingin tetap sehat dan terhindar dari berbagai macam komplikasi.

Perhatikan Kalori
Kalori harian yang diperbolehkan untuk anda seharusnya dicamkan baik-baik untuk mendukung segala aktifitas anda. Bila anda termasuk orang yang mempunyai kelebihan berat badan, maka sudah semestinya anda mengurangi beberapa kilo sehingga ini memudahkan anda untuk memantau kadar gula darah.
Dokter anda mungkin akan merekomendasikan seorang ahli untuk merumuskan kalori yang diperbolehkan dan rencana makan yang cocok untuk gaya hidup anda. Atau, anda juga dapat melakukannya sendiri dengan menggunakan kalkulator kalori secara online yang banyak tersedia di internet.

Perhatikan Lemak
Karena penyakit diabetes dapat menyebabkan penyakit jantung dan stroke, maka sangat penting bagi penderita diabetes untuk makan makanan yang menyehatkan jantung dan juga menjaga asupan lemak yang sedikit.
Lemak tidak jenuh tunggal dan lemak tidak jenuh ganda adalah baik untuk penderita diabetes karena dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah. Minyak zaitun, alpokat, almond, dan kenari juga baik. Anda seharusnya membatasi lemak jenuh dan lemak hewan serta menghindari lemak trans yang ditemukan dalam makanan kalengan.

Perhatikan Karbohidrat
Bila anda menderita penyakit diabetes, anda perlu membedakan karbohidrat yang baik dan karbohidrat yang jahat. Karbohidrat yang baik adalah buah-buahan, sayuran, semua biji-bijian, dan kacang-kacangan seperti buncis dan kacang polong.
Itu semua rendah lemak dan kalori, serta dapat memperlambat pelepasan energi sehingga dapat membuat sensasi kenyang yang lebih lama untuk membantu mengatur kadar gula darah. Karbohidrat jahat contohnya adalah gula. Oleh karena itu, hindarilah mengkonsumsi makanan seperti kue, biscuit, dan tepung kanji.

No comments:

Post a Comment

 
Blogger Templates