Bagaimana Cara Merawat Gigi Anak?


Melihat anak tertawa dan tersenyum dapat melegakan hati orang tua. Mereka terlihat begitu gembira saat mengekspresikan rasa senangnya dengan tertawa. Namun, apa jadinya bila senyum itu berupa deretan gigi ‘gupis’ dan menghitam?
Sebenarnya, ada beberapa masalah gigi yang umum dijumpai pada anak-anak. Misalnya adalah plat kehitaman pada gigi bagian depan, gigi keropos dan gigi membusuk. Bila pun anak anda rajin sikat gigi di pagi di menjelang tidur, masalah gigi pun masih mengincar anak anda karena tiap anak memiliki kecenderungan bermasalah dengan caries gigi.
Sebenarnya, apa penyebab masalah gigi pada anak? Yang paling umum terjadi adalah timbulnya plak karena bakteri akan terus berkembang dan menggerogoti gigi anak. Penyebab plak gigi bermacam-macam, misalnya adalah karena anak suka mengemut makanan, anak mempunyai gigi yang rentan, dan makanan yang tergerus.
Lantas, bagaimana cara untuk mencegah plat gigi yang sering muncul pada anak-anak? Cara paling mudah untuk mendeteksi plat gigi adalah dengan memeriksakan gigi ke dokter 6 bulan sekali.
Pemeriksaan secara intensif dapat membuat dokter mencarikan solusi yang tepat untuk mengatasi dan mencegah plat gigi pada anak. Dokter gigi berpendapat bahwa akar gigi susu berbeda dengan gigi tetap dan perawatan gigi sejak dini sangat baik dan ideal agar gigi anak dapat tumbuh dengan sehat.
Untuk anak balita, anda dapat menggunakan alat khusus atau kassa dengan air hangat saat membersihkan gusi anak. Selain itu, sikatlah gigi dua kali dengan teratur, mulai dari atas ke bawah dan ke sela-sela bagian gigi.
Bukan hanya itu, untuk menghindari masalah gigi lainnya, jangan biarkan anak berbagi sikat gigi dengan anak lainnya karena ini tidak sehat. Dan sebagai orang tua, anda juga harus berperan aktif dalam memperhatikan gigi anak anda dengan memperhatikan pola makan dengan mengurangi makanan manis.
Selain itu, jangan biarkan anak makan makanan yang manis setelah ia menyikat gigi karena ini dapat memicu pembusukan gigi. Penanganan dan perawatan gigi sejak dini dapat mencegah masalah gigi pada anak, jadi tidak ada salahnya bila anda memulainya dari sekarang.

No comments:

Post a Comment

 
Blogger Templates