Tips Cara Membuat Makanan Pendamping ASI


Makanan pendamping ASI memang diperlukan untuk bayi, apalagi bila sang ibu adalah wanita karir sehingga ia mempunyai waktu yang lebih sedikit dibandingan dengan ibu rumah tangga biasa.
Kebanyakan dari mereka tidak mempunyai waktu yang cukup untuk membuat makanan pendamping ASI karena harus berangkat kerja pagi-pagi sekali dan pulang pada malam hari.
Sebenarnya, makanan pendamping ASI mudah untuk dibuat di rumah. Namun, ada beberapa hal yang perlu anda tahu. Makanan pendamping ASI bagi anak dibawah 1 tahun tidak diperkenankan ditambah gula dan garam.
Kedua perasa tersebut (gula dan garam) hanya akan mempersulit proses pencernaan bayi anda. Jadi, hindarilah menambah perasa saat anda ingin membuat makanan pendamping ASI bagi bayi anda. Lantas bagaimanakah cara membuat makanan pendamping ASI?
  • Masukan beras dalam panci dan diberi air. Setelah itu dididihkan.
  • Setelah mendidih, tambahkan sayuran seperti sayuran brokoli, wortel, jagung manis, dan lains sebagainya.
  • Setelah itu, biarkan bubur pendamping makanan ASI ini masak hingga lunak.
  • Angkat panci dari kompor.
  • Untuk dapat dikonsumsi oleh bayi anda, lalu saringlah makanan tersebut agar hasilnya lebih mudah dimakan oleh bayi.
  • Setelah itu, berilah makanan pendamping ASI pada bayi anda.
 Agar bayi tidak bosan, anda dapat membuat variasi campuran sayuran pada makanan pendamping ASI. Penggantian menu pada makanan pendamping ASI juga sangat baik agar bayi dapat merasakan berbagai macam rasa sayuran. Misalnya, daging ayam, daging cincang, atau lainnya.
Bila anda tidak mau repot membuat makanan pendamping ASI berkali-kali, anda dapat memasaknya untuk porsi sehari tiga kali. Jadi, bila anda harus bekerja diluar, anda dapat meminta pengasuh untuk memberi makanan bayi  tersebut untuk siang dam malam hari.

No comments:

Post a Comment

 
Blogger Templates