Bagaimana Cara Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi?

Kadar kolesterol yang tinggi dapat menjadi penyebab terjadinya aterosklerosis, dimana ini juga memicu penyakit kardiovaskuler, stroke, dan serangan jantung. Mengurangi kadar kolesterol dibawah 200 mg/dl akan dapat menurunkan resiko penyakit jantung, tetapi mengurangi kadar kolesterol dibawah 150 mg/dl juga perlu untuk jantung sehat.
Saat menurunkan asupan kolesterol, anda juga perlu mengurangi asupan lemak karena ini sangat penting untuk kesehatan anda. Anda juga perlu tahu apakah lemak dan kolesterol ada dalam bentuk yang baik dan bermanfaat bagi tubuh. Dalam hal kolesterol, kolesterol LDL adalah kolesterol buruk, sedangkan HDL adalah kolesterol baik.
Untuk bentuk lemak, maka lemak jenuh dari daging dan lemak trans dari minyak yang terhindrogenisasi adalah lemak jahat, sedangkan bentuk omega 3 dan omega 6 adalah lemak yang baik.
Dalam keadaan tersebut diatas, diet dengan kolesterol baik dan lemak baik yang tinggi dapat mengurangi bahaya yang ditimbulkan oleh kolesteol dan lemak jahat. Ada beberapa gaya hidup dan perubahan diet yang dapat dilakukan untuk menurunkan kolesterol. Dan ada juga beberapa pengobatan yang dapat dilakukan meliputi Lipotor yang berguna untuk menurunkan kolesterol.
Secara umum, adalah lebih baik untuk melakukan perubahan gaya hidup karena tidak efek samping pengobatan dan ini juga dapat membuat kesehatan tubuh makin terjaga dibandingkan hanya dengan usaha untuk menurunkan kolesterol saja.
Mengurangi berat badan dan berolahraga juga dapat menurunkan kolesterol secara alami. Olahraga akan secara langsung menurunkan kadar kolesterol karena saat otot dibentuk, maka khususnya kolesterol jahat dapat dibuang dari peredaran darah.
Olahraga juga akan dapat menurunkan kolesterol dengan cara menurunkan berat badan sehingga kadar kolesterol pun turun dengan sendirinya. Olahraga juga punya manfaat ketiga, yaitu untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi. Olahraga bisa mengurangi stress dan hasil penelitian menunjukkan bahwa kadar kolesterol dapat dikaitkan dengan tingkat stres.
Ada beberapa macam perubahan nutrisi yang dapat digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol. Hal ini dapat dilakukan dengan melibatkan penggantian makanan, yaitu mengganti lemak dan kolesterol jahat dengan makanan yang mengandung lemak dan kolesterol baik. Sebagai contoh, kurangilah asupan daging merah dan lemak jenuh, dengan menambahkan minyak lemak omega  3 untuk menu belanja sehingga ini dapat membuat perubahan yang signifikan.
Mengubah penggunaan margarin yang terbuat dari minyak terhidrogenasi dengan minyak zaitun juga dapat mengurangi konsumsi lemak trans untuk meningkatkan asupan omega 3 dan omega 6.
Tip lain yang dapat anda lakukan untuk mengurangi kadar kolesterol tinggi lainnya adalah dengan meningkatkan asuan serat yang dapat larut. Serat yang dapat larut ini dapat ditemukan dalam oatmeal, apel, pisang, dan kacang-kacangan.
Serat yang dapat larut ini tidak dicerna dalam tubuh tetapi akan masuk melalui usus kecil sehingga ini dapat mengurangi jumlah kolesterol yang diserap oleh tubuh.
Produk seperti Lipitor juga bekerja dengan baik untuk menurunkan resiko kardiovaskuler seperti serangan jantung dan stroke. Tetapi, cara ini lebih cocok dilakukan buat mereka yang mempunyai kadar kolesterol yang sangat tinggi dan hanya melakukan olehraga dan diet yang cocok.

No comments:

Post a Comment

 
Blogger Templates