Kanker Ovarium : Gejala Umum Penyakit Kanker Ovarium

Karena ovarium terletak jauh didalam perut, maka bila ada sesuatu yang salah tidak mudah untuk dideteksi. Pada awal stadium, tanda-tanda kanker ovarium sulit ditebak, tidak konsisten dan sering diabaikan oleh wanita.
Ketika gejalanya diberitahukan pada dokter, mungkin mereka juga melakukan diagnosa yang salah; dan uji klinis pada bagian pinggul tidak selalu berhasil mendeteksi keberadaan kanker ovarium. Disaat penyakitnya semakin parah, gejala-gejalanya menjadi semakin jelas.
Meskipun penyakit kanker ovarium ini jarang ditemui, namun kanker ini sangat mematikan. Gejala-gejala yang paling umum dari kanker ovarium meliputi sulitnya untuk makan atau merasa kenyang secara tiba-tiba setelah makan beberapa gigitan. Ada juga rasa kembung yang sering muncul.
Meskipun kembung merupakan hal yang biasa terjadi, namun dengan adanya kembung yang dirasakan selama dua minggu atau lebih harus menjadi perhatian, dan anda harus segera berkonsultasi dengan dokter. Selain itu, gejala-gejala lainnya mungkin terjadi pada bagian perut atau rasa nyeri. Meskipun gejala-gejala itu menjadi indikasi kondisi yang serius, tetapi dapat juga kehadiran kanker terdapat pada bagian tubuh.
Seperti biasanya, anda harus mendengarkan intuisi anda yang tajam dalam memutuskan apakah gejala-gejala tersebut itu biasa atau tidak biasa. Bila ada gejala-gejala diatas terjadi dalam waktu selama 2 minggu atau lebih maka seharusnya anda menemui dokter kandungan untuk melakukan konsultasi dan tes.
Gejala lain dari kanker ovarium misalnya adalah rasa nyeri pada bagian perut dan punggung. Bila ada perubahan yang tidak dapat dijelaskan dengan akal sehat, misalnya dalam hal buang air besar atau menstruasi bulanan, sebaiknya anda memberitahu dokter.
Berat badan yang naik atau turun secara drastic juga menunjukkan masalah yang serius. Jadi, bila ada sesuatu yang tidak beres, dan tampaknya dapat menjadi masalah, sebaiknya anda segera memeriksakan diri ke dokter. Selain itu, adanya rasa nyeri saat berhubungan badan juga perlu anda waspadai sebagai salah satu gejala kanker ovarium.
Berikut ini adalah kategori stadium pada penyakit kanker ovarium:
  • Stadium 1, keadaan dimana sel-sel kanker di terkurung pada satu atau dua indung telur.
  • Stadium 2, keadaan dimana kanker telah menyebar ke bagian lain di sekitar pinggul, seperti uterus dan rahim.
  • Stadium 3, keadaan dimana ada kanker pada perut atau pembengkakan kelenjar getah bening, dan ini adalah stadium yang paling sering didiagnosa.
  • Stadium 4, keadaan dimana kanker telah menyebar ke seluruh bagian perut.

No comments:

Post a Comment

 
Blogger Templates