Home Treatment Untuk Buah Hati Anda


Apa itu home treatment? Secara harafiah, home treatment mempunyai arti perawatan mandiri di rumah. Seperti yang anda ketahui, masalah kesehatan yang umum dirasakan oleh balita adalah pilek dan batuk. Apalagi bila cuaca sedang mendung dan tidak bersahabat, anak kecil lebih mudah terserang penyakit karena daya tubuhnya yang masih rentan.
Sebagai seorang ibu, anda pasti khawatir, kan? Mungkin juga panik karena balita menjadi makin rewel dan susah makan. Nah, untuk mengobati penyakit musiman ini, usahakanlah untuk mengurangi penggunaan obat kimia yang banyak dijual bebas di pasaran. Sebagai alternatif, anda bisa memulai pengobatan dengan apa yang disebut dengan home treatment.
Jika buah hati anda mengalami pilek yang tidak kunjung sembuh, cobalah untuk mematikan AC atau pendingin ruangan karena ini dapat memicu hidung mampet. Selain itu, pilek pada anak kecil juga dapat menyebabkan sang anak menjadi makin rewel dan banyak menangis.
Selain itu, sebagai alternatif home treatment lainnya, anda dapat meletakkan air panas dalam baskom di kamar anak. Berilah beberapa tetes minyak kayu putih dan diamkan selama 10 menit. Setelah itu, biarkan uap dari minyak kayu putih dan air panas itu memenuhi ruangan sehingga ini dapat melegakan pernapasan anak anda.
Bila lendir dari pilek sudah mulai keluar, bersihkanlah dengan cairan. Berilah buah hati anda air putih atau ASI untuk menghilangkan toksin atau racun dalam tubuhnya. Nah, bila buah hati anda rewel tidak mau makan, jangan paksa dia untuk menghabiskan makanan. Berilah ia makanan yang mudah dicerna, misalnya sayuran, buah, sup, dan bubur.
Yang tidak kalah pentingnya dalam melakukan home treatment ini adalah pemberian kasih sayang kepada buah hati anda yang sedang sakit. Pencurahan kasih sayang dengan membelai dan membacakan dongeng sebelum tidur pun dapat menenangkan hatinya.
Memang butuh kesabaran bila anda berniat untuk melakukan home treatment di rumah. Namun, memberikan kenyamanan bagi anak yang sedang sakit menjadi kunci utama. Jadi, anda pun harus mengerti dan memahami betul kondisi anak.
Bila home treatment yang anda lakukan di rumah belum menunjukkan hasil yang berarti dalam jangka waktu 3 – 4 hari, ada baiknya anda membawanya ke dokter. Pemeriksaan medis lebih lanjut dapat memberi informasi yang lebih jelas tentang apa yang sebenarnya terjadi pada buah hati anda. Namun setidaknya, anda sudah berusaha untuk melakukan home treatment sendiri dirumah untuk mengurangi ketergantungan pada obat-obatan kimia.

No comments:

Post a Comment

 
Blogger Templates