Kulit Sehat – Tips Ringan Untuk Membuat Kulit Bersinar


Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan agar kulitmu terlihat segar dan bersinar. Nah, untuk kali ini, kita akan berbagai tips tentang apa saja yang bisa kamu lakukan untuk selalu menjaga dan merawat kulit agar selalu sehat.

·         Minum Air
Sejak dahulu, minum air sudah dianggap sebagai salah satu cara paling efisien yang digunakan untuk perawatan secara alami dan cocok untuk semua jenis kulit karena bersifat alkalin, dengan pH 7,3. Air juga digunakan untuk mencegah dehidrasi. Kulit kamu membutuhkan air agar dapat melakukan fungsinya. Dokter dan ahli nutrisi menyarankan agar kita minum air sekitar 6 – 8 gelas tiap hari agar dapat menopang aktifitas dan kebutuhan dasar tubuh akan air.

·         Awasi Diet Kamu
Nutrisi memiliki peranan yang sangat penting untuk kesehatan kulit. Makanan tertentu misalnya makanan yang mempunyai rasa asam dan produk dari susu sangat efektif untuk menyebabkan gejala reaksi alergi pada sebagian orang. Masih ada juga perdebatan dari para ahli gizi apakah coklat juga berpengaruh pada kondisi kulit. Walaupun masih belum ada hasil penelitian yang pasti tentang pengaruh coklat pada kulit, namun untuk mendapatkan nutrisi yang sehat saat berdiet, konsumsi sayuran hijau dan juga buah-buahan sangat baik untuk dijadikan serat.

·         Pertimbangkan Juga Tentang Exfoliant
Beberapa ahli mengatakan bahwa exfoliant atau scrub secara lembut pada kulit dapat dijadikan sebagai salah satu cara yang tepat untuk mendapatkan kulit sehat. Jadi, usahakanlah untuk selalu melakukan exfoliant pada kulit untuk menghilangkan sel kulit mati. Durasi terbaik untuk melakukan exfoliant adalah sekali atau dua kali dalam seminggu sehingga kulit pun dapat bebas bernapas. Namun, ada satu hal yang perlu kamu ingat yaitu hindari melakukan exfoliant pada kulit wajah untuk mencegah rusaknya jaringan pada kulit yang sensitif.

·         Lakukanlah Perawatan Wajah Secara Rutin
Ketika kamu ingin melakukan perawatan wajah, kamu perlu melakukan perawatan yang rutin agar kesehatan kulit tetap selalu terjaga. Sebagian dokter menyarankan agar kamu membersihkan, melembabkan dan melembutkan kulit dua kali sehari. Saat membersihkan wajah, jangan pernah melewatkan area leher. Setelah itu, jangan pernah lupa untuk memberikan pelembab atau krim.
Nah, sebelum pergi tidur dimalam hari, kamu harus membersihkan wajah dan leher dari sisa-sisa kosmetik yang kamu pakai seharian. Bersihkan kulit sebelum kamu tidur meskipun kamu sudah merasa sangat kelelahan. Hal ini disebabkan karena pada malam hari, kulit akan menjalani sebuah proses metabolisme tubuh sehingga bila tidak dibersihkan, kulit menjadi tidak dapat bernafas karena tertutup oleh riasan. Satu hal yang perlu kamu tahu adalah bila kamu tidur masih dengan make up, maka ini hanya akan menjadikan kulit kamu menjadi banyak timbul noda di wajah.

·         Jangan Lupakan Kaki Kamu
Saat kamu pergi ke salon untuk perawatan kulit, jangan pernah lupakan bagian kaki. Nah, bila kamu tidak punya waktu untuk melakukan pedicure di salon, kamu bisa mencoba cara lain yaitu dengan menyiapkan air hangat di baskom dan tambahkan minyak esensial favorit kamu. Rendamlah kaki selama 15 menit. Kemudian, keringkan dan gosoklah kulit-kulit kasar di kaki. Bilas sekali lagi dan keringkan.

·         Hindari Terlalu Banyak Terpapar Sinar Matahari
Salah satu cara pencegahan yang paling umum ketika kamu ingin melakukan perawatan kulit adalah dengan menghindari terlalu banyak terkena sinar matahari secara langsung. Seperti yang kamu tahu bahwa paparan sinar matahari dapat menyebabkan kulit menjadi terbakar. Krim tabir surya hanya dapat menghalangi sinar UVB dan masih belum dapat menghalangi sinar UVA. Jadi, cobalah untuk melindungi kulit wajah dari sinar matahari karena sinar UVA dapat merusak kulit.

·         Berolahraga
Disamping melakukan diet sehat, olahraga juga dapat membantu kulit kamu tetap sehat. Yang menjadi catatan adalah bahwa melakukan olahraga yang tepat tidak hanya membuat tubuh menjadi fit,  tetapi juga dapat membuat kulit menjadi terlihat lebih bersinar.

·         Cukup Istirahat
Salah satu masalah umum yang terjadi pada kita adalah stress. Ada hormon tertentu yang juga berpengaruh pada kesehatan kulit jika kamu tidak segera menyelesaikan masalah hadapi. Nah, untuk menghindarinya, cobalah untuk istirahat  secara cukup sekitar 6 – 8 jam sehari. Ini dapat dijadikan sebagai salah satu cara paling efektif untuk peremajaan kulit.

No comments:

Post a Comment

 
Blogger Templates