Apa Penyebab Ketombe?


Ketombe dapat mengakibatkan timbulnya serpihan kulit yang tampak dan ini merupakan salah satu kondisi yang umum terjadi. Sel kulit kita selalu mengalami peremajaan dan ketika sel kulit dalam kulit kepala diperbaharui, maka sel yang lama akan didorong ke permukaan untuk keluar dari kulit kepala.
Bagi mereka yang memiliki mempunyai masalah dengan ketombe maka proses peremajaan ini berjalan lebih cepat sehingga kulit matiakan semakin banyak terkelupas sehingga ini menjadi salah satu penyebab ketombe. Selain itu, ketombe juga dapat terjadi jika kulit kepala sering terekspos suhu yang ekstrim.
Ketombe yang dialami oleh seseorang dapat menjadi parah dan ini disebabkan karena ada pemicunya. Namun, ada juga orang yang bermasalah dengan ketombe, ia juga mengalami masalah lain seperti iritasi dan kulit kepala menjadi kemerah-merahan. Adanya pengelupasan kulit kepala yang berlebihan ini dapat disebabkan oleh masalah kesehatan atau kondisi lain seperti psoriasis, infeksi jamur (Malassezia), infeksi kulit, dan bahkan karena kutu kepala.
Beberapa orang dengan masalah ketombe yang tergolong parah akan mengalami masalah sosial dan menurunnya rasa percaya diri. Oleh karena itu, perawatan kulit kepala menjadi sangat penting.
Beberapa orang mengira bahwa ketombe yang mereka alami disebabkan karena kulit kepala yang terlalu kering. Kemudian, mereka berusaha untuk mengatasinya dengan tidak mencuci rambut dengan sampo, atau jarang keramas karena mereka mengira keramas dapat membuat masalah ketombe menjadi lebih parah.
Apa yang mereka lakukan adalah salah karena ketombe itu berbeda dengan kulit kepala yang kering dan biasanya ketombe akan segera lenyap bila anda sering keramas dengan menggunakan sampo yang cocok. Selain itu, ketombe adalah masalah yang umum terjadi baik pada pria dan wanita bila kulit kepala mereka cenderung berminyak.
Beberapa penelitian menyarankan mereka yang bermasalah dengan ketombe untuk melakukan diet makanan yang terlalu asin, manis, atau pedas serta ditemani dengan alkohol yang berlebihan dapat membuat ketombe menjadi makin buruk.
Jadi, lakukanlah diet yang sehat dan lakukan gaya hidup sehat dengan mencuci rambut secara teratur agar ketombe tidak mampir di kepala anda.

No comments:

Post a Comment

 
Blogger Templates