Kista – Tanda-Tanda Dan Gejala Penyakit Kista


Kista adalah salah satu penyakit yang sangat ditakuti oleh kalangan wanita. Maka, tidak heran bila kista menjadi momok yang membuat para wanita kalang kabut bila ia sampai terkena penyakit ini. Sebenarnya, apa itu kista dan apa penyebabnya?
Sebenarnya, tanda-tanda utama seseorang terkena kista adalah adanya rasa sakit yang teramat sangat saat ia menstruasi. Walaupun rasa sakit pada saat menstruasi tidak selalu berkaitan dengan kista, namun bila seorang wanita merasa sangat tertekan bila menstruasi tiba, dan rasa nyerinya tidak dapat tertahankan.
Rasa sakit dan nyeri saat menstruasi ini erat kaitannya dengan masalah endometriosis. Kista sendiri adalah sebuah kantong pada area pribadi wanita yang berisi darah, nanah, atau udara yang tumbuh dimana-mana. Bila seseorang masih mengalami menstruasi, maka ada kemungkinan ia terkena kista.
Gejala penyakit kista yang perlu diperhatikan oleh para wanita adalah adanya rasa nyeri pada perut bagian bagah, rasa sakit pada punggung yang menjalar sampai ke kaki, sakit saat harus buang air kecil dan buang air besar, darah menstruasi yang berlebihan, dan menstruasi tidak teratur.
Bila masalah kista pada wanita ini tidak segera diobati, maka ini dapat memicu penyakit kanker ovarium. Penyakit ini adalah salah satu jenis kanker pembunuh ketiga setelah kanker payudara dan kanker rahim.
Walaupun sebenarnya penyakit kista tidak mempunyai gejala yang khusus, tetapi jika kamu merasa ada rasa sakit yang teramat sangat saat menstruasi, maka kamu harus segera pergi ke dokter untuk melakukan pemeriksaan agar tidak terjadi masalah yang lebih serius. Jadi, sebagai wanita kamu harus menjaga diri dan lebih berhati-hati.

No comments:

Post a Comment

 
Blogger Templates