Gejala Umum Masalah Ketombe


Ciri-ciri atau tanda umum dari masalah ketombe yang muncul adalah serpihan warna putih pada kulit kepala dan rambut. Jika seseorang mengenakan baju berwarna gelap, maka serpihan tersebut akan terlihat lebih jelas saat jatuh ke pundak.
Selain itu, ketombe yang muncul pada kepala juga memungkinkan seseorang merasa gatal dan sakit. Nah, bila orang dewasa terkena iritasi kulit pada kulit kepala, maka kulit kepala juga bisa menjadi kemerah-merahan, terkelupas, dan kulit menjadi lebih berminyak. Lantas, apa lagi tanda-tanda terkena ketombe?
  • Adanya pengelupasan kulit pada kepala dan rambut seseorang.
  • Pengelupasan ini mungkin saja terjadi karena kulit kepala terlalu berminyak.
  • Kepala menjadi terasa gatal dan keras.
  • Kepala menjadi terasa sakit.
  • Kepala menjadi terasa merah, terkelupas, berminyak.
 Sebagian besar masalah ketombe tidak mengharuskan anda untuk mengunjungi dokter. Walaupun begitu, bila seseorang terus-menerus menggaruk kulit kepala, dan jika bagian kulit yang digaruk itu menjadi merah dan bengkak, maka setelah perawatan sendiri tidak kunjung sembuh, ia perlu pergi ke dokter karena boleh jadi orang tersebut menderita iritasi kulit yang parah atau ada kondisi lain.
Cara paling mudah untuk menghindari masalah ketombe adalah mencuci rambut dengan sampo yang cocok agar kulit kepala menjadi bersih dan sehat. Selain itu, anda juga perlu untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung zink tinggi agar kulit kepala menjadi sehat.

No comments:

Post a Comment

 
Blogger Templates