Buah dan Makanan Yang Dapat Membantu Meningkatkan Peredaran Darah


Sirkulasi darah yang baik sangat diperlukan untuk menunjang kesehatan tubuh secara umum. Hal ini karena sistem peredaran darah akan mengirimkan nutrisi ke semua sel-sel yang ada dalam tubuh sekaligus membuang sisa-sisa kotoran seperti karbon dioksida.
Sirkulasi juga dapat memompa darah dan oksigen ke seluruh organ dan jaringan tubuh. Saat sirkulasi darah tidak bekerja dengan benar, maka berbagai masalah kesehatan dapat terjadi, misalnya rasa nyeri,  pembengkakan di kaki dan dan telapaknya, perubahan warna pada kulit, dan rasa sakit di berbagai bagian tubuh yang memerlukan waktu lama untuk sembuh. Selain itu, kulit juga mungkin akan terasa panas atau dingin.
Jika anda pernah mengalami gejala seperti tersebut diatas, anda harus segera pergi ke dokter agar ia dapat mendiagnosa penyebab masalah tersebut. Dalam beberapa kasus, olahraga dapat membantu untuk meningkatkan peredaran darah, namun anda juga dapat membuat modifikasi dalam berdiet.
Ada makanan tertentu yang dapat membantu mendorong sirkulasi darah yang lancar pada tubuh. Dan dibawah ini adalah beberapa makanan yang dapat membantu meningkatkan peredaran darah.

Buah Sitrus
Buah sitrus dan makanan yang mengandung vitamin C seperti jeruk, anggur, kiwi, stroberi dan melon dapat membantu mengencerkan darah dan mendorong peredarannya. Senyawa bioflavonoid dalam buah sitrus khususnya jeruk dapat menguatkan dinding kapiler, dimana peredaran darah ini dapat lebih efisien.
Beberapa peneliti menyarankan agar anda mengkonsumsi vitamin C secara teratur karena hasilnya secara signifikan dapat meningkatkan sirkulasi darah. Vitamin C juga sangat baik untuk sistem kekebalan tubuh, karena ini merupakan antioksidan alami sehingga dapat membantu proses penyembuhan dan mengurangi resiko peradangan.

Bawang Putih
Bawang putih adalah salah satu makanan super alami. Ia juga termasuk antibiotik alami yang mempunyai sifat anti peradangan serta dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Kolesterol tinggi dapat membuat kondisi peredaran darah menjadi buruk.
Sedangkan bawang putih disini dapat membantu menguatkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan aliran darah. Jenis bawang-bawangan lain seperti bawang putih dan daun bawang juga sangat bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah.

Likopen
Makanan yang mengandung likopen biasanya berwarna merah atau oranye, seperti tomat, semangka, aprikot dan buah kesemek. Makanan ini dapat mendorong sirkulasi darah dan juga melindungi diri dari penyakit jantung.

Bumbu-bumbu Dapur
Jahe, lada merah atau cabai rawit, dan kunyit juga sangat baik untuk mendorong sirkulasi darah. Bumbu-bumbu dapur ini juga mempunyai sifat sebagai anti peradangan dan membantu mengencerkan darah.

Gandum Utuh
Gandum utuh adalah sumber zat besi, serat dan protein yang baik. Serat ini dapat digunakan untuk membantu menurunkan kolesterol, sedangkan zat besi baik untuk darah. Darah yang sehat akan membawa oksigen untuk sel-sel tubuh dan mendorong sirkulasi yang lancar.

No comments:

Post a Comment