Makanan Untuk Mendapatkan Kulit Sehat


Sebenarnya, tidak ada rahasia untuk mendapatkan kulit sehat. Kita telah banyak menghabiskan uang untuk membeli lotion, scrub, dan cream untuk mendapatkan kulit yang terlihat lebih muda dan cemerlang. Masalahnya adalah semua produk tersebut menawarkan solusi sementara untuk masalah kulit kita, namun tidak menyelesaikan masalah pokok yang menyebabkan masalah pada kulit.
Keriput, kulit kering atau berminyak, jerawat, dan peradangan dapat menjadi sinyal yang buruk akan kesehatan kulit dari dalam. Untuk itu, kulit sehat harus dimulai dari bagian luar. Makanan yang dikonsumsi seharusnya harus berpengaruh secara langsung untuk kesehatan kulit. Karena kulit merupakan organ terbesar dalam tubuh, maka tidak mengherankan jika kulit juga mendapatkan nutrisi yang sama dari makanan yang dapat menyehatkan jantung dan organ tubuh lain.
Diet yang seimbang menjadi kunci untuk mempertahankan kesehatan tubuh, termasuk kulit. Tetapi, makanan tertentu juga sedikit banyak dapat membantu membuat kulit menjadi sehat. Manfaat yang paling besar untuk kulit berasal dari makanan yang kaya akan vitamin A, B, C, dan E.
Antioksidan hadir dalam vitamin C dan E dapat dimanfaatkan untuk melindungi kulit dari bahaya sinar matahari dan mengurangi rusaknya sel kulit karena radikal bebas. Biotin dalam vitamin B bertanggung jawab atas pembentukan kulit dasar, rambut, dan kuku. Perawatan dan perbaikan jaringan kulit dapat diperoleh dari vitamin A.
Berikut ini adalah vitamin dasar yang baik untuk kulit sehingga kulit tampak terlihat lebih sehat dan cemerlang.

Asam Lemak Omega 3
Makanan seperti salmon, makarel, biji-bijian berwarna kuning muda, dan kacang kenari kaya akan asam lemak omega 3. Asam lemak ini dapat membantu menciptakan membran sel yang sehat sehingga memungkinkan nutrisi dapat masuk dan menghilangkan zat-zat yang tidak dibutuhkan keluar dari sel.
Membran ini juga dapat bertindak sebagai penghalang untuk menahan air dalam sel sehingga kulit tetap menjadi lembab. Asam lemak juga baik untuk membantu memperbaiki kulit, mengontrol kelembaban dan menambah kelenturan pada kulit. Dan hasilnya adalah kulit akan terlihat lebih lembut dan muda.

Selenium
Tuna, salmon, bawang merah, telur, kacang Brazil, beras merah, dan gandum utuh adalah sumber selenium. Mineral antioksidan ini bertanggungjawab untuk elastisitas jaringan dan membantu mencegah kerusakan sel dari bahaya sinar UV.

Minyak Zaitun
Sebagian besar minyak yang ada di pasaran kehilangan nutrisi penting bila metode pengolahannya berbeda. Minyak zaitun, khususnya ekstra virgin, diproses dengan cara seperti menahan semua nutrisi dalam makanan. Minyak zaitun juga dapat membantu menjaga kulit dengan peminyakan sehingga kulit akan terlihat dan terasa lebih sehat.

Silika
Silika dapat ditemukan dalam sejumlah makanan seperti daun bawang, kacang buncis, stroberi, mentimun, mangga, seledri, dan asparagus. Makanan tersebut dapat membantu menguatkan sambungan jaringan dalam tubuh. Selain itu, silika juga sangat penting untuk menjaga elastisitas kulit.

Vitamin A Dan Karotinoid
Ubi jalar, wortel, bayam, belewah, hati domba atau hati sapi, telur, dan minyak ikan juga dapat digunakan untuk mensuplai kebutuhan vitamin dalam tubuh. Vitamin dan karotinoid juga baik untuk membantu kulit menahan infeksi, mencegah keriput, mencegah kekeringan, kulit mengelupas, dan menjaga agar kulit terlihat muda.

Vitamin E
Vitamin E dapat ditemukan dalam biji bunga matahari, almond, peach, kubis, tomat, asparagus, buah prem, dan alpokat. Antioksidan ini dapat bertindak untuk menghalangi pengaruh buruk paparan sinar matahari. Vitamin E juga dapat mencegah kanker kulit dan mengurangi munculnya keriput.

Air
Tidak diragukan lagi kalau tubuh kita terdiri dari air. Oleh karena itu, sangat penting untuk minum air yang cukup untuk aktifitas tiap hari. Air juga dapat menjaga hidrasi sel dan mengikis racun dari tubuh. Selain itu, air juga dapat membantu agar kulit terlihat lebih bercahaya.

No comments:

Post a Comment

 
Blogger Templates